Beragam Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma sesuai Anjuran Rasulullah

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Mengonsumsi kurma saat berbuka puasa ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Selain itu, buah kurma juga disunahkan untuk dimakan ketika buka puasa sesuai Al Qur’an dan sunah Nabi. Simak ulasan berikut ini.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits menyunahkan berbuka puasa dengan kurma karena mengandung keberkahan dari Allah subhanahu wa ta’ala: “Apabila salah seorang di antara kamu berbuka puasa, maka hendaklah memulainya dengan kurma, karena ia memiliki keberkahan, jika tak ada kurma, maka mulailah dengan air, karena ia menyucikan,” (HR Abu Dawud).

Dengan demikian, selain mendapat keberkahan dari Allah subhanahu wa ta’ala, buah kurma juga memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh, apalagi bila dikonsumsi ketika berbuka puasa. Berikut ini beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan:

Mengontrol Gula Darah

Kurma merupakan makanan manis dengan sumber gula alami yang dapat menjaga gula darah tetap stabil. Kandungan gula ditambah dengan serat yang tinggi di dalam kurma bermanfaat untuk mencegah kadar gula darah melonjak terlalu tinggi setelah makan.

Selain itu, kurma juga termasuk makanan yang mengandung indeks glikemik rendah dan direkomendasikan untuk mencegah diabetes.

Dengan demikian, umat Muslim dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang manis terlebih dahulu. Namun harus sesuai dengan takarannya, sehingga harus berhati-hati agar kadar gula tubuh tidak melonjak secara signifikan.

Melancarkan Pencernaan

Akibat pola makan yang berubah saat berpuasa serta makanan yang dikonsumsi beragam, maka akan berisiko meningkatkan konstipasi atau sembelit. Dengan demikian, dibutuhkan makanan yang mengandung banyak serat untuk melancarkan pencernaan, salah satunya adalah buah kurma.

Sebuah studi, dilansir CNN menunjukkan, orang yang mengonsumsi tujuh kurma setiap hari, buang air besar secara teratur dibandingkan sebelum makan kurma.

Menyesuaikan Keasaman Darah

Tak hanya gula darah yang dapat dikontrol, kurma juga dapat menjaga keasaman di dalam darah. Kurma mengandung garam alkali yang dapat menyeimbangkan atau menyesuaikan keasaman darah yang dihasilkan dari asupan daging dan karbohidrat yang berlebihan saat berbuka puasa.

Menyesuaikan keasaman darah dapat terhindar dari berbagai penyakit, sebab kadar asam yang tinggi di dalam darah berisiko meningkatkan penyakit asam urat, batu ginjal, dan tekanan darah tinggi.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat