Beragam Gelaja pada Orang Keracunan yang Perlu Diketahui

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Keracunan bisa terjadi pada siapa saja yang mengonsumsi zat beracun bagi tubuh, baik sengaja maupun tidak sengaja. Perawatan yang tepat pada gejala awal keracunan bisa menyelamatkan nyawa. Oleh karena itu, penting bagi siapa pun untuk mengenali gejala awal keracunan.

Dokter spesialis emergensi dan peneliti di Litbangkes Kemenkes, Tri Maharani, mengatakan gejala keracunan (intoksikasi) paling umum adalah mual dan muntah. Namun, mual pada keracunan berbeda dengan gejala telat makan yang sama-sama menyebabkan mual. Gejala muntah pada keracunan juga berbeda dengan gejala pada infeksi bakteri atau virus.

“Mual dan muntah disebabkan karena intoksikasi makanan atau racun agak berbeda dengan mual muntah yang disebabkan proses inflamasi atau proses infeksi,” ujarnya.

Tri juga menyampaikan bahwa rentang waktu setelah makan atau minum yang mengandung racun, seseorang dapat langsung mengalami muntah dalam hitungan detik hingga jam.

Intensitas muntah dalam gejala keracunan juga bisa sangat buruk. Seseorang bisa muntah 5-10 kali dalam satu menit, dalam jumlah banyak. Muntah juga terjadi terus menerus dan tidak tertahankan.

Pada tahap keracunan ekstrem, muntah terus menerus bisa menyebabkan cairan tubuh berkurang dan menyebabkan dehidrasi, hingga gagal jantung, “Terus mual muntahnya berat, orang bisa muntah terus dalam semenit saja bisa 5-10 kali. Sehingga nanti dehidrasi, kadang kalau muntah ada muntahannya yang masuk ke paru-paru juga, itu bisa membuat kondisi orang jadi lebih buruk,” jelasnya dilansir dari CNN.

Saat muntah, racun yang masuk ke tubuh belum tentu keluar lewat muntahan. Bisa jadi racun tersebut sudah terserap tubuh dan terkandung dalam darah. Racun dapat menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan abnormalitas pada organ dalam. Jika tak segera ditangani, zat beracun yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan kematian.

Lama kelamaan, gejala keracunan juga akan menjadi lebih berat. Selain mual, muntah, dan dehidrasi, gejala lain yang mungkin timbul adalah diare, demam, pusing, badan lemas, hingga hilang kesadaran.

Racun juga dapat menyebabkan gejala seperti sesak napas hingga gagal napas dan kematian, semua itu bergantung pada jenis racun yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, pertolongan pertama harus segera diberikan jika gejala-gejala di atas muncul.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat