Beginilah Cara Mengatasi Stres dan Mempertahankan Kesehatan Jiwa sesuai Ajaran Islam

Rsalirsyadsurabaya.co.id –  Gangguan jiwa adalah penyakit yang mempengaruhi emosi, pola pikir dan perilaku. Jika menderita penyakit ini akan sulit dideteksi karena tidak seperti penyakit fisik. Seseorang harus memahami terlebih dahulu gejalanya.

Di Indonesia, penderita gangguan jiwa diidentikkan dengan sebutan ‘orang gila’ atau ‘sakit jiwa’, dan sering mengalami perlakuan yang tidak menyenangkan, bahkan hingga dipasung. Padahal, penderita gangguan jiwa bisa dibawa ke rumah sakit untuk diberikan pengobatan.

Seperti halnya penyakit lainnya, gangguan jiwa juga bisa diobati dengan psikoterapi dan obat-obatan. Dokter akan memberikan kombinasi kedua metode tersebut serta menyarankan pasien menjalani gaya hidup yang sehat agar dapat mengatasi dan mempertahankan kesehatan jiwa mereka.

Mengutip dari CNNIndonesia, agar kesehatan jiwa tetap terjaga, Anda dapat melakukan sejumlah cara berikut ini untuk mengatasi stres dan mempertahankan kesehatan jiwa:

Meningkatkan ibadah

Mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala merupakan ibadah yang paling utama. Anda dapat ke masjid untuk mengikuti kajian, ke gereja, atau tempat ibadah lainnya sesuai kepercayaan. Orang yang mengerjakan shalat mempunyai jiwa yang stabil dan tenang, sehingga baik untuk menjaga kestabilan mental tetap sehat.

Membaca Alquran

Dr. Ahmed Al-Qadhi yang melakukan penelitian di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat mengatakan bahwa membaca atau bahkan hanya mendengarkan lantunan ayat suci Alquran saja dapat memberikan perubahan fisiologis yang besar bagi tubuh manusia.

Ketika membaca Alquran manfaat lain yang didapat adalah adanya ketenangan jiwa. Sebuah studi di Universitas Salford, Inggris, membuktikan, orang-orang yang membaca dan melantunkan Alquran menjadi lebih rileks dan tenang dibanding mereka yang membaca buku biasa.

Bicarakan Keluhan Pada Seseorang

Seseorang apstilah memiliki beban dalam pikirannya, daripada disimpan sendiri, alangkah baiknya bila dibicarakan pada seseorang yang dapat dipercaya. Ungkapkan segala keluh kesah agar perasaan dan pikiran menjadi nyaman dan lega.

“Yang paling penting adalah curhat, cerita kepada teman, keluarga. Jangan dipendam sendiri, bisa jadi depresi,” tutur Dokter spesialis kedokteran jiwa Agung Frijanto.

Jika tak bisa menceritakan masalah kepada orang lain, curhat kepada buku diari juga menjadi salah satu metode yang tepat. Studi menunjukkan, menulis buku diari merupakan cara ampuh untuk meredakan stres yang dialami sehari-hari.

Melakukan Kegiatan Sesuai Minat dan Kemampuan

Tak perlu memaksakan kehendak apabila kemampuan kita tak mencukupi dalam melakukan suatu hal. Lebih baik melakukan kegiatan yang sesuai dengan kemampuan kita dan tak lupa pula sesuai dengan minat, karena akan emmbuat kita menjadi lebih baik dengan melakukan hal yang diinginkan.

Kelola stress

Stres merupakan reaksi psikologis yang normal saat terdapat tekanan yang berlebihan. Stres dapat dianggap sebagai peringatan dini bahwa otak tengah tertekan. Stres tak bisa dielakkan, tapi bisa dikelola. Agung menyebut manajemen stres bisa dilakukan dengan segera mengalihkan stres dengan melakukan kegiatan favorit yang menyenangkan.

“Me-manage stres dilakukan dengan mengalihkan pada kegiatan yang positif seperti berolahraga,” tutup Agung. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat