Begini Tips Merawat Kesehatan Mata Agar Terhindar Dari Katarak

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Menjaga kesehatan mata adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Sebab, jika mata tidak dirawat dengan baik maka dapat menyebabkan penyakit mata seperti rabun bahkan katarak. Berikut ini tips merawat kesehatan mata.

Meskipun mata minus tidak dapat disembuhkan tetapi hanya dapat dicegah progresivitas atau perkembangannya dengan cara menjaga kesehatan mata. Berikut tips merawat kesehatan mata dilansir dari CNN:

Makan-makanan yang sehat

Untuk menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi makan-makanan sehat begitu dianjurkan, sama halnya dengan menjaga mata. Makanlah makanan yang mengandung banyak vitamin A adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata seperti wortel, kuning telur, dan juga susu.

Hindari merokok

Menghindari merokok sejak dini adalah hal terbaik untuk menjaga kesehatan salah satunya yaitu kesehatan mata. Seperti yang kita tahu, merokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan termasuk juga dapat mempengaruhi kesehatan mata.

Dampak merokok sendiri bagi kesehatan mata yaitu dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina mata.

Menggunakan kacamata hitam dengan UV protector

Mata yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet memiliki risiko mengalami katarak, degenerasi makila, kornea terbakar, dan bahkan kanker mata. Pasalnya, sinar pada matahari dapat mengganggu kesehatan mata. Perlunya pemakaian seperti kaca mata hitam sangat bermanfaat untuk perlindungan mata dari sinar ultraviolet ataupun UV. 

Mengistirahatkan mata secara berkala

Mengistirahatkan mata adalah salah satu poin penting yang harus Anda lakukan. Apalagi jika Anda telah menggunakan mata untuk menatap layar monitor komputer ataupun layar handphone selama berjam-jam, bahkan saat Anda membaca buku.

Mengistirahatkan mata secara berkala adalah cara lain untuk merawat kesehatan mata dan menghindari terjadinya mata rabun. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan cara berhenti sejenak dari aktivitas tersebut, kemudian yang perlu Anda lakukan yaitu dengan melihat kejauhan.(Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat