Begini Tips Jaga Kesehatan Mata Selama Bekerja dari Rumah

Rsalirsyadsurabaya.co.idWork from home alias kerja dari rumah sudah dilakukan beberapa perusahaan untuk memutus tali penyebaran virus korona (COVID-19). Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika bekerja di rumah, salah satunya kesehatan mata yang mengharuskan seseorang lebih lama menatap layar.

Kondisi mata yang terlalu sering menatap layar gadget tersebut pun memicu masalah pada mata. Dokter Spesialis Mata RS Al Irsyad, dr. Dianawati Koesoemowardani, Sp.M mengungkapkan masalah yang akan timbul pun beragam, mulai dari mata kering, gatal, sakit kepala di sekitar mata, hingga mata kemerahan.

“Sering menatap layar gadget itu relatif mata menjadi kurang berkedip karena terlalu serius melihat, sehingga akibatnya mata pun menjadi kering, gatal dan penglihatan mulai terganggu,” tuturnya.

Mata kering memang tak melulu karena terlalu sering menatap layar gadget, dr. Diana menyebutkan bahwa mata kering biasanya disebabkan oleh penguapan yang terlalu berlebihan dan produksi air mata berkurang. Biasanya karena lingkungan yang berangin atau udara kering.

Meski demikian, dr. Diana menyarankan agar tetap memperhatikan kondisi kesehatan mata meski bekerja di rumah. Berikut ini tips yang dapat menjaga mata tetap sehat:

Ambil Jeda

Sebaiknya mengambil jeda sejenak secara berkala ketika sedang bekerja, sebab bekerja dalam jangka waktu yang panjang bisa mengakibatkan rasa sakit pada mata, leher, dan pundak. Cukup istirahat selama 4-5 menit. Hal itu dapat membantu memberikan rasa rileks pada mata dan mengurangi rasa tidak nyaman.

Sesuaikan Pencahayaan

dr. Diana menyarankan untuk mengatur pencahayaan ketika sedang bekerja. Cahaya yang terlalu terang bisa membuat mata tegang sehingga menimbulkan rasa sakit. Hal yang sama juga berlaku bagi cahaya yang terlalu redup.

Posisi Layar

Ketika bekerja di rumah, Anda akan bebas bekerja di mana saja, baik di sofa atau bahkan kasur. Demi mencegah masalah pada mata, sebaiknya tempatkan laptop sekitar 30 derajat di bawah garis lurus mata (eye level).

Trik ini akan menurunkan tekanan pada mata juga mencegah leher dan pundak di posisi membungkuk dalam waktu lama.

Filter Layar

Gunakan filter cahaya pada layar komputer atau laptop untuk membantu mengatur intensitas cahaya. Ketika cahaya monitor dan cahaya lingkungan kurang sesuai, maka mata akan menjadi tidak nyaman.

Perbesar Huruf

Huruf yang lebih besar akan mengurangi ketegangan pada mata saat bekerja. Jika ukuran huruf cukup besar, maka tak perlu berusaha keras memusatkan fokus pada deret huruf. Ini akan sangat membantu saat harus membaca dokumen yang cukup panjang.

Sering Berkedip

Tanpa disadari, orang jarang berkedip saat harus membaca atau mengetik. dr. Diana menyarankan untuk berkedip lebih sering agar terhindar mata tidak kering, sebab berkedip berfungsi untuk melembapkan mata.

Rata-rata satu dari tiga orang lupa berkedip saat bekerja. Akibatnya mata jadi gatal, kering, dan mengganggu penglihatan. Kedipkan mata setidaknya 10-20 kali dalam 1 menit.

Ajak Mata Olahraga

Olahraga mata baik dilakukan agar otot mata menjadi kuat dan mencegah kemungkinan penyakit mata seperti miopi dan astigmatisma. Cukup dengan menjauhkan mata dari layar setiap 20 menit sekali. Saat menjauh, fokuskan mata pada objek sejauh 6 meter selama 20 detik.

“Itu akan membuat mata lebih rileks dan mencegah mata lelah,”pungkasnya. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat