Begini Panduan Bagi Ibu Hamil Saat Isolasi Mandiri Agar Lekas Sehat

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Ibu hamil termasuk dalam kelompok yang rentan terpapar COVID-19. Lalu, bagaimana kiat isolasi mandiri pada ibu hamil agar tetap sehat dan segera sembuh?

Menjaga kesehatan kehamilan sangat penting agar ibu dan bayi lahir selamat. Namun virus COVID-19 dapat menyebar pada siapa saja, tak terkecuali ibu hamil.

Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Al Irsyad Surabaya, dr. Ariefandy Pambudi, Sp.OG menyampaikan bahwa ibu hamil yang terkena COVID-19 tanpa gejala atau bergejala ringan bisa melakukan isolasi mandiri.

Saat isolasi mandiri, ada beberapa hal yang harus tetap dilakukan agar ibu dan bayi tetap sehat, sekaligus cepat sembuh dari COVID-19.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan ibu hamil saat isolasi mandiri, antara lain:

Makan makanan sehat

Ibu hamil yang terkena COVID-19 harus lebih menjaga pola makan sehat bergizi. Makanan sehat yang dimaksud terdiri dari karbohidrat, protein hewani dan nabati, sayur, serta buah.

Ibu hamil juga sebaiknya lebih selektif saat memilih makanan. Hindari makanan olahan, fast food, makanan tinggi gula dan garam, serta makanan yang mengandung bahan pengawet.

Minum air putih 2,5-3 liter per hari

Pada ibu hamil, konsumsi air putih ini harus sedikit lebih banyak supaya tidak terjadi kehilangan cairan atau dehidrasi. Konsumsi air mineral yang disarankan adalah sebanyak 2,5-3 liter sehari.

Ibu hamil yang sedang isolasi mandiri bisa minum air putih sedikit demi sedikit setiap jam. Minum banyak air putih di satu waktu tidak disarankan karena bisa menyebabkan perut kembung dan rasa tidak nyaman di perut.

Tidur 8 jam sehari

Selain makan makanan bergizi seimbang, ibu hamil yang positif COVID-19 juga mesti mendapat istirahat cukup. Tidur cukup 8 jam sehari dan berkualitas bisa membantu proses penyembuhan penyakit.

Selain tidur di malam hari, ibu hamil bisa tidur siang ketika merasa lelah. Tidur siang kurang lebih selama satu jam bisa membuat tubuh kembali bugar dan fit.

Yoga

Saat isolasi mandiri, ibu hamil disarankan tetap berolahraga. Karena tak bisa berolahraga ringan di luar rumah, ibu hamil yang positif COVID-19 disarankan melakukan yoga khusus kehamilan.

Prenatal gentle yoga merupakan yoga yang bermanfaat membantu para ibu belajar untuk bernapas dalam-dalam dan rileks, di mana hal itu akan berguna bagi ibu saat menghadapi tuntutan fisik selama masa kehamilan dan persalinan.

Selain itu juga dapat membantu ibu hamil melatih pernapasan yang akan memudahkan proses kehamilan.

Berjemur

Berjemur di bawah sinar matahari pagi merupakan cara alami untuk mendapatkan vitamin D. Pada ibu hamil vitamin D merupakan nutrisi penting yang dapat mendukung pertumbuhan janin dan menjaga kesehatan ibu. Sedangkan bagi pasien COVID-19, vitamin D diperlukan untuk mengurangi respons inflamasi terhadap infeksi SARS-CoV-2.

Ibu hamil sebaiknya tetap berjemur di pagi hari setiap pukul 07.00 WIB selama 15 menit. Saat berjemur, hindari berkomunikasi dengan orang luar, dan tetap menggunakan masker.

Minum vitamin

Pada ibu hamil yang terkena COVID-19, beberapa dosis vitamin C, D, dan E mungkin perlu ditambah. Konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk mendapatkan vitamin-vitamin tersebut. Namun jika merasa masih kekurangan, maka pasien COVID-19 ibu hamil bisa mengonsumsi suplemen tambahan. Pastikan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen multivitamin.

Mendapat vaksin Covid-19

Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) telah merekomendasikan pemerintah untuk ikut melakukan vaksinasi COVID-19 pada ibu hamil. Vaksinasi COVID-19 pada ibu hamil yang telah positif Covid-19 tetap diperlukan untuk membentuk imunitas. Vaksinasi ini pun harus dilakukan dengan konsultasi bersama dokter spesialis kandungan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat