Begini Kiat Tangkal Bau Mulut Selama Berpuasa

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Berpuasa akan membuat mulut dalam keadaan kering selama belasan jam. Sehingga, tak jarang menimbulkan bau. Untuk menangkalnya, cara berikut dapat anda coba.

Bau mulut saat puasa membuat sebagian orang tidak percaya diri saat berbicara dengan dengan lawan bicara, dan bahkan menjadi tidak nyaman untuk diri sendiri. Namun dengan cara berikut, anda akan terhindar dari bau mulut selama berpuasa.

Jangan Makan Makanan Berbau Saat Sahur

Makanan yang berbau tajam seperti petai, durian, dan jengkol dapat memperburuk masalah bau mulut sehingga tidak cocok dimakan untuk sahur. Sebagai gantinya Prof DR drg Melanie S.Djamil, MBiomed dari Fakultas Gigi Universitas Trisakti menuturkan sebaiknya seseorang mengonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung air.

“Buah yang sangat baik dikonsumsi ketika bulan ramadhan adalah buah yang mengandung banyak air seperti semangka lalu jangan lupa konsumsi kurma karena mengandung gula baik yang sangat bagus untuk mengembalikan energi,” kata Prof Melanie, seperti dikutip dari Detik.

Konsumsi Banyak Air Putih Saat Sahur

Dengan minum lebih banyak air putih, mulut akan memproduksi lebih banyak saliva, yang pada akhirnya bisa menetralkan bau mulut. Demikian disampaikan Harold Katz, dokter gigi di Los Angeles, melansir liputan6.

Oleh karenanya, upayakan agar anda mengonsumsi air putih yang cukup saat sahur, agar tubuh terhidrasi dan terhindar dari bau mulut.

Sikat Gigi dan Lidah Saat Sahur

Salah satu cara untuk mencegah bau mulut tentunya dengan menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulut, baik gigi maupun lidah. Seperti yang diungkap drg Nada Ismah, SpOrt, dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, melansir Detik. Bahwa sikat gigi sesudah sahur sangat penting. Sebabnya, sisa makanan usai sahur yang tak dibersihkan bisa tertinggal di gigi dan menjadi plak.

“Nah bau mulut itu penyebabnya karena ada sisa makanan yang membusuk, lalu jadi plak. Lama-kelamaan kalau didiamkan bisa menyebabkan gigi berlubang, gusi bengkak, yang menambah aroma tidak enak dari mulut,” ungkap drg Nada. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat