Begini Kelebihan Operasi Katarak dengan Teknik Phacoemulsifikasi di RS Al Irsyad Surabaya

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Operasi katarak masih menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Namun dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju operasi katarak pun tidak lagi menakutkan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan teknik Phacoemulsifikasi.

Dokter Spesialis Mata RS Al Irsyad Surabaya, dr. Dianawati Koesoemowardani, Sp.M menyampaikan bahwa operasi pengangkatan katarak modern menggunakan alat canggih phacoemulsifikasi tak lagi menakutkan dan tanpa membuat sayatan lebar sehingga operasi menjadi cepat, mudah, dan aman tanpa jahitan.

Katarak sendiri menurut dr. Diana, panggilan akrabnya adalah suatu kondisi dimana terdapat kekeruhan pada lensa mata. Secara normal lensa mata adalah bening, yang berfungsi untuk memfokuskan sinar yang masuk ke mata dan fokus jatuh pada retina (bintik kuning).

Apabila terdapat keruhan pada lensa maka akan mengakibatkan sinar terhalang masuk mata sehingga menjadi menurun atau kabur. Semakin banyak kekeruhannya, maka semakin kabur penglihatannya. Bila sudah menjadi keruh semua, maka pasien tidak bisa melihat atau mengalami kebutaan.

“Keunggulan operasi katarak dengan teknik phaco adalah tanpa sayatan yang lebar, operasipun lebih cepat, mudah dan tanpa jahitan. Prosesnya hanya 15 sampai 25 menit saja, dan proses sembuh pasca operasi pun lebih cepat,” ujarnya.

Berikut ini beberapa kelebihan dari operasi kataran dengan menggunakan teknik Phacoemulsifikasi, antara lain:

  1. Sayatan sangat kecil (± 2,2 mm)
  2. Proses cepat (± 15 menit)
  3. Tanpa jahitan
  4. Pasien dapat langsung pulang setelah operasi
  5. Perawatan dan pemulihan lebih cepat (± 2- 5 hari)
  6. Dapat dilakukan pada semua tingkatan katarak
  7. Mengurangi rasa nyeri, ngeres dan ketidaknyamanan setelah operasi

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat