Begini Jaga Kesegaran Tubuh Saat Gangguan Tidur Melanda

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Banyak hal yang membuat seseorang mengalami gangguan tidur. Ini mengakibatkan kondisi tubuh seseorang menurun esok paginya. Ada beberapa tips ampuh agar tubuh tetap segar ketika gangguan tidur melanda.

Kondisi tubuh yang dirasakan pun beragam ketika bangun di pagi hari, terasa lemas menjadi alasan utama karena dipicu dengan jam tidur yang tidak teratur. Padahal sudah ada setumpuk pekerjaan menanti di depan mata.

Jika kondisi tersebut terus menerus berulang, alangkah baiknya jika mencoba beberapa cara berikut untuk memompa kembali energi untuk beraktivitas.

Asupan bergizi

Asupan nutrisi tubuh seseorang harus diisi dengan kandungan yang bergizi. Apa yang dimakan akan berpengaruh pada pada tingkat energi yang dimiliki tubuh. Menurut konsultan nutrisi Charlotte Stirling-Reed makanan memberikan energi sehingga penting untuk tidak melewatkan jam makan terutama sarapan di pagi hari.

“Makanan seperti bubur, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan bisa membantu meningkatkan energi. Jangan lupa untuk memasukkan banyak sayur dan buah untuk hidrasi ekstra dan meningkatkan asupan vitamin dan mineral,” kata Stirling-Reed mengutip dari CNN Indonesia.

Tetap bergerak

Perasaan lelah sering kali membuat tubuh malas bergerak. Bahkan untuk pergi ke toilet saja, orang perlu waktu menghimpun tenaga. Namun jika ingin merasa lebih berenergi justru sebaiknya tetap bergerak. 

Pada riset di 2012, ahli ilmu keolahragaan, Jack Groppel menemukan saat karyawan melakukan gerakan kecil sepanjang hari misal berjalan-jalan di kantor atau melakukan peregangan, rasa lesu pada tubuh pun berkurang. 

Selain itu, sebanyak 37 persen karyawan dilaporkan merasakan lebih berenergi di pertengahan hari saat mencoba bergerak atau peregangan.

Hidrasi

Dehidrasi juga merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan rasa lemas dan turunnya konsentrasi. Minum teh atau kopi mungkin bisa melawan rasa kantuk tetapi justru ini bisa memperburuk situasi. Minuman berkafein bisa menyebabkan tubuh lebih cepat memproduksi urine sehingga tubuh cepat kekurangan cairan. 

Alternatif lain adalah minuman berenergi. Minuman ini bisa meningkatkan energi dalam waktu singkat tetapi minuman ini banyak mengandung gula, tinggi kalori dan berkontribusi pada kerusakan gigi. Minuman terbaik yang bisa dikonsumsi tak lain adalah air putih. 

Istirahat

Istirahat merupakan obat paling mujarab dari berbagai penyakit, apalagi jika sakit tersebut karena tubuh merasa kelelahan. Riset pada 2011 dari University of Illnois menemukan istirahat dari pekerjaan atau tugas-tugas bisa membantu meningkatkan produktivitas sepanjang sisa hari.

Jadi ketika merasa lelah atau lemas, ambil jam makan siang untuk istirahat, atau bahkan berjalan-jalan keluar kantor untuk menghirup udara bebas. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat