Begini Gizi Sehat Anjuran Ahli Gizi

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Makanan dapat berpengaruh pada pola hidup sehat. Karenanya, para ahli gizi menganjurkan gizi sehat untuk menjaga pola hidup sehat dan terbebas dari risiko penyakit.

Ahli gizi adalah seorang pakar yang mengajarkan dan memberitahu masyarakat tentang gizi dan pola makan yang sehat. Seorang ahli gizi berperan penting dalam memastikan kondisi kesehatan tubuh pasien di rumah sakit dengan menyarankan pola makanan yang sehat dan bergizi.

Begitu pula di RS Al Irsyad Surabaya, ahli gizi bertugas menyediakan makanan bagi semua pasien yang menjalani rawat inap. Memilih pola makan sehat akan nutrisi berupa protein, lemak, energi, dan karbohidrat merupakan salah satu tugas seorang ahli gizi.

Menurut Anisa Wahyuningtyas Agustin, A.Md. Gz, menjaga pola hidup dengan gizi sehat sangatlah penting, karena dapat berguna untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh serta menjaga berat badan tetap ideal.

“Manfaat gizi sehat merupakan salah satu alternatif guna menjaga dan memelihara kesehatan tubuh salah satunya menjaga berat badan agar tetap ideal, menjaga kesehatan organ tubuh serta, menjaga sistem pencernaan,” ungkap Ahli Gizi bagian ruang anak di RS Al Irsyad Surabaya.

Sesuai dengan yang diungkapkan Nisa, bahwa makanan yang bergizi sehat dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta menjaga tubuh agar terhindar dari segala penyakit. Dengan begitu, pola hidup sehat wajib diterapkan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Nisa menganjurkan cara menjaga pola hidup sehat dengan mengutamakan gizi sehat yang dibutuhkan oleh tubuh.

“Makan dengan teratur tiga kali sehari, makanannya harus seimbang terdiri dari makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati dan sayur dan buah. Tidak lupa perbanyak minum air putih, serta olahraga setiap hari,” lanjutnya.

Sering kali kondisi kesehatan pasien memburuk lantaran mereka tidak memperhatikan status gizi tubuhnya. Sehingga tidak tercukupi kebutuhan gizi pasien. Akibatnya, dapat mempengaruhi organ tubuh yang berhubungan dengan imunitas.

Oleh karena itu, pemberian makanan rumah sakit menjadi salah satu faktor penunjang dalam penyembuhan penyakit pasien. Dengan anjuran dari ahli gizi, maka pemberian makanan pun tepat sesuai dengan gizi sehat.

Pemberian makanan ini harus disesuaikan dengan perubahan fungsi organ selama penyembuhan. Sehingga diet pasien harus dievaluasi dan diperbaiki sesuai perubahan keadaan klinis dan hasil pemeriksaan laboraturium.

Nisa menambahkan, menjaga pola hidup sehat sesuai dengan diet masing-masing pasien diterapkan pada pemberian makanan yang diberikan pada pasien rawat inap di RS Al Irsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat