Begini Cara Unduh Sertifikat Vaksin COVID-19

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Perlahan, beberapa lapisan masyarakat Indonesia telah menerima dosis vaksin. Sesuai keputusan pemerintah, orang-orang yang telah divaksin akan mendapat sertifikat vaksin. Sertifikat vaksin ini dapat dengan mudah diunduh  (download) secara online.

Sertifikat tersebut dapat diunduh pada aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Play Storeatau pun App Store. Bila belum terdaftar, Anda diminta melengkapi data diri seperti nama lengkap hingga nomor handphone untuk verifikasi data, dengan kode OTP (One Time Password) yang dikirimkan.

Namun, bagi mereka yang sudah memiliki akun PeduliLindungi, cara mengunduh sertifikat vaksin COVID-19 cukup dengan membuka profil, dan klik fitur Sertifikat Vaksin.

“Pemerintah telah mempermudah masyarakat yang telah melakukan vaksinasi untuk mengunduh sertifikat vaksinasi. Tinggal akses aplikasi PeduliLindungi,” tambah dr. Syarwani, vaksinator COVID-19 di RS Al Irsyad.

Dalam fitur tersebut, tertera sertifikat vaksin Corona dosis pertama hingga dosis kedua yang siap diunduh untuk kemudian masuk ke tempat penampil gambar masing-masing pengguna. Selengkapnya, berikut cara unduk sertifikat vaksin COVID-19 bagi yang belum terdaftar aplikasi.

  1. Membuka aplikasi PeduliLindungi yang sebelumnya telah diunduh di Play Store atau App Store
  2. Mengisi identitas diri berupa nama lengkap dan memasukkan nomor handphone
  3. Mengisi kode OTP untuk verifikasi data, kode OTP dikirimkan ke nomor HP yang dicantumkan
  4. Pengguna akun diarahkan ke kolom Beranda
  5. Melengkapi identitas diri dengan menyertakan alamat NIK dan alamat email dalam kolom profil
  6. Cek fitur Sertifikat Vaksin
  7. Aplikasi akan menampilkan sertifikat vaksin dosis pertama dan dosis kedua
  8. Unduh sertifikat vaksin COVID-19 dosis pertama/kedua
  9. Sertifikat vaksin COVID-19 online masuk ke dalam Galeri/Image masing-masing pengguna.

Sertifikat vaksin COVID-19 sempat diisukan menjadi syarat bepergian setiap orang. Namun, pemerintah menegaskan hingga saat ini belum ada kebijakan tersebut.

Meski Anda sudah tahu cara mengunduh sertifikat vaksin COVID-19 dan berhasil mengunduhnya, tetap waspada untuk tidak sembarang mengumbar sertifikat vaksin COVID-19 di media sosial. Juru bicara vaksinasi COVID-19 Satgas Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, ada data pribadi di sertifikat vaksin COVID-19 dalam bentuk QR Code.

“Meminta kepada para penerima vaksin COVID-19 yang sudah mendapatkan sertifikat bukti telah divaksin agar tidak mengunggahnya ke media sosial ataupun tidak mengedarkannya,” jelas Prof Wiku dikutip dalam Kompas, Selasa (23/3).

“Penting untuk diketahui bahwa di dalam sertifikat bukti telah divaksinasi terdapat data pribadi dalam bentuk QR Code yang dapat dipindai,” jelasnya. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat