Begini Cara Turunkan Risiko Penyakit Ginjal Kronik

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Penyakit ginjal kronik memang tidak dapat disembuhkan. Namun untuk mencegah terjadinya hal yang lebih serius, berbagai cara dapat dilakukan dalam mencari obat untuk meringankan kondisinya.

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang vital bagi manusia dan memiliki fungsi yang berguna untuk menyaring limbah dari darah dan membantu untuk membuangnya melaui produksi urine. Sehingga, menjaga kesehatan ginjal sangat penting agar terhindar dari masalah di masa depan.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang dapat mengalami penyakit ginjal. Risiko terjadinya penyakit ginjal akan meningkat pada seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, riwayat keluarga dan lain sebagainya.

“Seseorang yang menderita kencing manis (diabetes mellitus), hipertensi, obesitas dapat memungkinkan terjadi gagal ginjal. Serta ada anggota keluarga yang menderita penyakit ginjal juga dapat berdampak mengidap penyakit ginjal pula,” tutur dokter spesialis ginjal, dr. Artaria Tjempakasari, Sp. PD.

Penanganan bagi penyakit ginjal kronik ini bergantung dari derajat keparahan serta penyebab dari penyakit ginjal tersebut. Apabila kondisi ginjal masih dalam tahap awal maka dapat dilakukan pemberian obat penyakit ginjal pada penderita.

“Namun apabila kondisi penyakit ginjal sudah sangat menurun, maka dibutuhkan transplantasi ginjal atau cuci darah,” ungkapnya

Dr. Artaria juga menambahkan bahwa cuci darah merupakan salah satu terapi pengganti ginjal, jadi fungsinya adalah menggantikan fungsi ginjal, baik pada penyakit ginjal yang bersifat akut (kejadiannya mendadak) atau yang bersifat kronik (perjalanan lama dari suatu penyakit).

Selain cuci darah, ada delapan pedoman utama menurunkan risiko penyakit ginjal kronik yang telah dipaparkan oleh dokter spesialis di Rumah Sakit (RS) Al Irsyad Surabaya tersebut.

“Kondisi tubuh tetap aktif dan bugar dengan rutin berolahraga, selain itu jangan lupa memantau tekanan darah dan kadar gula darah agar tetap terkendali dengan baik,” ungkapnya.

Tak hany itu, menjaga pola hidup sehat merupakan kunci utama dalam meringankan penyakit ginjal kronik ini. Seperti halnya mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi konsumsi garam berlebihan, mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi, serta menjaga berat badan tetap ideal.

“Penderita juga perlu menghindari konsumsi jangka panjang obat yang dijual bebas dan menjauhkan diri dari rokok ataupun alkohol,” imbuhnya.

Itulah beberapa cara mencegah dan menurunkan risiko penyakit ginjal kronik. Untuk lebih lengkapnya, sebaiknya konsultasikan kepada dokter ahli di bidangnya agar mengetahui lebih jelas pertumbuhan penyakit ginjal kronik yang sedang diderita oleh pasien. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat