Begini Cara Tepat Konsumsi Obat Saat Puasa

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Saat berpuasa, kita dilarang makan dan minum hingga batas waktu yang ditentukan dalam ajaran agama. Oleh karenanya, bagi Anda yang harus konsumsi obat di bulan Ramadhan, cara ini dapat Anda terapkan.

Obat yang paling sering diberikan dokter itu biasanya untuk diminum sebanyak tiga kali sehari. Selain itu, ada pula yang dua kali atau hanya satu kali per hari.

Namun jika obat yang harus dilahap 3-4 kali sehari, bagaimana cara membagi waktunya tatkala berpuasa?

Mengenai waktu minum obat saat berpuasa, kuncinya adalah memaksimalkan waktu-waktu ketika Anda diperbolehkan makan dan minum.

“Minum obat saat puasa itu harus mengikuti waktu-waktu tertentu. Biasanya obat harus diminum tiga kali dalam sehari atau setiap 8 jam. Tapi karena sedang puasa, ya, tidak bisa lagi dan harus disiasati. Paling amannya adalah minum obat saat sahur, berbuka puasa, dan sebelum tidur,” ujar dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

Kemudian, Halo Apoteker Indonesia membeberkan cara tepat minum obat saat puasa, yang dimuat oleh laman Facebook Kementerian Kesehatan RI sebagai berikut.

Pertama, Anda bisa merubah jadwal minum obat saat sahur dan buka puasa. Namun, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter atau apoteker mengenai perubahan jadwal tersebut.

Kedua, obat yang dikonsumsi satu kali sehari tetap dapat dikonsumsi seperti biasa. Anda tinggal memilih kapan mau minum obat. Apakah saat sahur atau buka puasa?

Ketiga, obat yang dikonsumsi dua kali sehari dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Keempat, kemudian bila obat harus diminum tiga kali sehari atau lebih? Maka Anda dapat mengikuti cara-cara di bawah ini.

Yakni mengganti obat yang harus Anda konsumsi dengan obat lain yang masih memiliki efek sama tetapi durasi aksinya lebih panjang. Hal itu membuat frekuensi minum obat menjadi lebih sedikit. Untuk melakukan hal ini, Anda harus memakai resep dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lalu bila tidak dapat diganti, Anda bisa minum obat dengan jeda 5 jam sekali dari buka puasa hingga sahur. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat