Begini Cara Mencegah Penyebaran COVID-19 dari Klaster Keluarga

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Klaster keluarga kini menjadi ancaman penyebaran COVID-19. Hal ini biasanya berasal dari anggota keluarga atau orang yang tinggal serumah. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, penting meningkatkan beragam cara agar terhindar dari penyebaran klaster keluarga.

Penyebaran COVID-19 pada klaster keluarga ini berawal dari seseorang yang sudah lebih dahulu tertular lalu menularkannya pada anggota keluarga lain. Dengan demikian virus akan semakin merebak.

Karenanya, setiap anggota keluarga berperan penting guna mencegah klaster keluarga. Berikut ini adalah beragam cara mencegah penyebaran COVID-19 dari klaster keluarga.

Menjaga Jarak

Menerapkan jaga jarak di rumah menjadi hal utama yang harus diperhatikan anggota keluarga yang kerap berpergian atau bekerja dan bertemu orang banyak. Apalagi jika ada yang bergejala serupa dengan flu. Hal ini tentu dilakukan agar tidak terjadi penularan karena kontak dekat, sehingga anggota keluarga pun harus tetap waspada.

Memakai Masker

Studi menunjukkan penularan dapat terjadi dari orang yang tidak memiliki gejala COVID-19. Sehingga penting pula memakai masker di rumah bagi orang yang kerap berpergian keluar rumah, sebagai upaya mencegah penularan pada anggota keluarga. Apalagi jika sudah memiliki gejala, maka penting untuk selalu menggunakan masker setiap saat di rumah.

Terapkan Etika Bersin dan Batuk

Terapkan etika bersin dan batuk yang baik. Hindari batuk dan bersin di dekat anggota keluarga. Tak lupa pula untuk selalu membersihkan area yang terkena cipratan batuk dan bersin.

Mencuci Tangan

Mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum beraktivitas atau menyentuh barang di rumah harus senantiasa dilakukan. Pasalnya virus korona dapat hidup di benda mati dan berpindah ke tangan.

Makanan Bergizi Seimbang

Asupan gizi seimbang juga menjadi hal penting yang harus dipastikan setiap hari. Hal ini untuk menunjang sistem kekebalan tubuh sehingga menjaga tubuh tetap sehat. Sebaiknya konsumsi buah dan sayur untuk mendapatkan tambahan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Sirkulasi

Jangan lupa untuk memastikan sirkulasi udara di rumah berjalan dengan baik. Jika sirkulasi rumah tak baik, melansir CNN, maka pastikan membuka semua jendela dan pintu di pagi hari demi adanya pergantian udara. 

Jaga Kebersihan dan Kesehatan

Rumah yang bersih akan nyaman ditinggali dan dapat meningkatkan kesehatan. Namun sebaliknya, jika rumah tak dijaga kebersihannya, maka akan banyak virus dan bakteri yang hadir. Untuk itu, selalu rutin membersihkan rumah dengan menyapu, mengepel, dan mengelap barang-barang dengan pembersih yang mengandung disinfektan.

Tetap pastikan seluruh anggota keluarga dalam keadaan sehat. Jika memiliki anggota keluarga dengan gejala yang tak biasa, segera bawa ke dokter dengan menggunakan alat pelindung diri yang memadai seperti masker. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat