Begini Cara Cegah Susah BAB pada Ibu Hamil

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh ibu ketika hamil. Selain itu, ketika hamil pun, ibu rentan mengalami sejumlah masalah kesehatan, salah satunya gangguan pencernaan seperti susah buang air besar (BAB).

sebuah penelitian dari Loyola University Medical Center, seperti dikutip dari laman thebump.com menunjukkan, bahwa sekitar tiga perempat perempuan mengalami konstipasi selama pada masa tertentu kehamilan. Konstipasi pun bisa meningkatkan risiko komplikasi lain seperi wasir, varises, dan prolaps uteri.

Karenanya, dengan kondisi perut yang semakin membesar, kesulitan BAB tentu akan membuat tubuh menjadi kesulitan beraktivitas dengan normal setiap harinya. Belum lagi rasa tak nyaman pada perut yang kerap dirasakan ibu hamil.

Untuk itu, demi mencegah atau mengatasi masalah BAB tersebut, dapat dilakukan dengan cara berikut.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Saat tubuh kekurangan air, sistem pencernaan akan melambat dan feses akan semakin keras, sehingga dehidrasi bisa memperburuk konstipasi. Untuk itu, penting untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Sebelum makan atau mengonsumsi makanan berat, bisa coba awali dengan minum air putih terlebih dahulu.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Serat membuat proses pencernaan bekerja lebih efisien. Bahan makanan dengan kandungan serat alami seperti sayur dan buah-buahan serta roti gandum utuh dan legume bisa dikonsumsi. Brokoli, buah pir, raspberi, lentil, dan artichoke pun mengutip Liputan6, juga bisa dikonsumsi untuk bantu atasi masalah sulit buang air besar.

Jalan Kaki Sekitar 20 Menit

Olahraga ringan bisa cukup membantu melancarkan pencernaan, salah satu olahraga yang direkomendasikan adalah dengan cara jalan kaki 20 hingga 30 menit dengan kecepatan sedang untuk menstimulasi laju sistem pencernaan.

Dengan berolahraga ringan seperti jalan kaki ini juga dapat membantu membakar kalori dan meningkatkan kekuatan dan ketahanan kardiovaskuler.

Konsumsi Probiotik

Makanan yang mengandung probiotik seperti pada yogurt, kimchi, sauerkraut (kol asam), acar, sup miso, dan bahkan tempe baik dikonsumsi ibu hamil. Makanan yang mengandung probiotik (bakteri spesiaes lactobacillus dan bifidobacterium) sangat baik menjaga kelancaran proses pencernaan karena dapat membantu proses mencerna makanan dan mendorong ampasnya keluar tubuh sehingga tubuh tidak menimbun sampah. Bila sering mengalami masalah konstipasi, maka bisa mengatasinya dengan mengonsumsi probiotik dengan lebih rutin.

Namun, apabila sudah mencoba cara tersebut dan masih mengalami masalah sulit buang air besar, maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan diri ke dokter. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat