Begini Cara Atur Pola Makan Agar Badan Tak Lebar Saat Lebaran

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Di momen Idulfitri, meja-meja rumah umumnya akan dipenuhi berbagai macam cemilan khas lebaran. Agar tak menyebabkan kegemukan dan mengganggu kesehatan, maka dalam mengonsumsinya perlu disiasati dengan mengatur pola makan yang baik.

Berbagai makanan khas lebaran di Indonesia didominasi dengan makanan yang tinggi kalori. Makanan-makanan tersebut tinggi kalori dikarenakan menggunakan beragam bahan pangan diolah dengan berbagai macam bumbu, santan, dan berminyak.

“Ciri utama makanan lebaran di Indonesia itu tinggi kalori,” kata Tirta Prawita Sari, dokter spesialis gizi klinik Indonesia dikutip dari Kompas.

dr. Tirta pun mengakui bahwa konsumsi makanan sehat akan lebih sulit ketika lebaran. Karenanya, bagi mereka yang ingin menjaga dietnya, ia mengimbau agar masyarakat tidak terlalu ambil pusing terhadap makanan yang hendak dikonsumsi.

“Makanlah dengan hati yang gembira, jangan mengingat dosa-dosa, salah, dan risiko bahaya di balik makanan itu. Syukuri makanan yang ada dengan makan perlahan, nikmati setiap kunyahan. Ini adalah perayaan,” lanjutnya.

Ia pun menyarankan akan mengimbangi makanan tersebut dengan konsumsi air yang cukup dan serat yang bersumber dari buah dan sayur. “Jika ingin makan makanan lebaran yang konvensional, jangan lupa tambahkan semangkuk sayuran hijau yang direbus saja,” katanya.

Selain itu, melansir dari Hello Sehat, berikut beberapa tips untuk mengontrol makan sehingga dapat menahan diri agar tidak makan terlalu banyak saat lebaran.

Makan Perlahan

Mengunyah makanan dengan pelan dan lembut bisa memperlambat keinginan untuk kembali makan. Selain itu, perut sebenarnya membutuhkan waktu 20 menit untuk memberi tanda sudah penuh atau belum pada otak.

Sehingga, apabila kita mengisi perut terus menerus tanpa jeda, perut akan semakin menunda untuk memberi sinyal kenyang pada otak.

Lakukan Aktivitas

Untuk mengontrol makan saat lebaran, apalagi harus berada di rumah, maka coba lakukan dengan melakukan aktivitas lain. Coba lakukan silaturahmi virtual dengan teman-teman atau bersih-bersih rumah.

Usahakan juga untuk menjauh sejenak dari ruang makan atau ruang tamu untuk menjauh dari camilan kue khas lebaran.

Atur Porsi Makan

Atur porsi makan dengan cara memilih piring yang lebih kecil dari biasanya. Dengan begitu, piring yang meski terisi penuh akan tetap menampung lebih sedikit makanan.

Jadwal Makan

Sesuaikan jadwal makan seperti sebelum berpuasa, coba untuk makan pagi, siang, dan malam. Membiasakan jadwal makan akan membantu untuk mengendalikan nafsu makan dan membiasakan kembali kinerja lambung.

Tidur Cukup

Sebuah studi menunjukkan, bahwa kurang tidur terkait dengan peningkatan stres dan makan pada perempuan. Orang yang tidur sekitar 7 hingga 8 jam setiap malam akan makan dengan porsi normal dibandingkan dengan orang yang kurang tidur.

Selain beberapa tips di atas, kita juga perlu membuat catatan kapan kita makan dengan porsi yang banyak. Cari tahu juga jenis makanan yang paling memicu nafsu makan.

Metode ini dilakukan untuk mengetahui makanan yang memicu kita makan berlebih saat lebaran agar dapat mengatasinya di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat