Begini Cara Atasi Nyeri Sendi Karena Udara Dingin

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Nyeri sendi dapat terjadi oleh beberapa penyebab, salah satunya karena udara dingin. Orang lanjut usia akan lebih berisiko mengalami ini. Karenanya, perlu kita ketahui bagaimana mengatasinya.

Mengutip dari laman CNNIndonesia, para ahli mengemukakan sebuah pendapat tentang penurunan suhu ternyata dapat membuat tubuh lebih banyak menghemat panas dengan cara lebih banyak mengirimkan darah ke organ-organ penting di pusat tubuh. Ketika itu, pembuluh darah yang berada di sekitar lengan, kaki, bahu dan lutut menjadi kaku dan menyebabkan rasa sakit.

Selain itu, perubahan tekanan biometrik atau tekanan di dalam atmosfer bumi bahkan dapat menyebabkan peradangan pada persendian. Saraf di persendian pun menjadi lebih sensitif pada udara dingin sehingga membuat nyeri sendi terasa lebih sakit.

Untuk itulah, perlunya sejumlah cara yang dapat mengatasi rasa sakit akibat nyeri sendiri:

Cari Kehangatan

Kerap kali seseorang menggunakan AC ketika hujan sehingga udara yang terasa akan semakin dingin dan membuat nyeri sendi terasa lebih sakit. Untuk itulah ketika sedang hujan sebaiknya jangan menyalakan AC dan sediakan pakaian hangat seperti jaket tebal.

Selain itu, sediakan plester elastis untuk mengurangi rasa sakit pada sendi. Sediakan pula balsem hangat atau koyo sebagai penghangat tambahan. Rasa hangat cukup efektif dalam mengurangi rasa sakit akibat nyeri sendi.

Minum Lebih Banyak

Udara dingin kerap membuat seseorang tidak mudah merasa haus, sehingga menyebabkan dehidrasi, padahal kebutuhan air tetap sama. Dehidrasi dapat menyebabkan kram otot dan nyeri sendi. Untuk menghindarinya, pastikan asupan air terpenuhi setiap hari.

Vitamin D

Musim hujan bisa membuat orang lebih jarang terpapar sinar matahari pagi, sehingga tubuh rentan alami kekurangan vitamin D. Padahal, tingkat vitamin D yang rendah dalam tubuh juga dapat membuat seseorang lebih sensitif terhadap rasa sakit.

Cobalah untuk menambah asupan Vitamin D karena kekurangan nutrisi ini juga dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Sejumlah makanan yang kaya akan vitamin D antara lain ikan berlemak, telur, jamur, serta sereal dengan fortifikasi vitamin D

Bergerak Lebih Banyak

Ketika musim hujan, suasana akan sangat mendukung seseorang bermalas-malasan di bawah selimut. Padahal, aktif bergerak dapat mengurangi risiko nyeri sendi akibat udara dingin.

Tak perlu melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat, peregangan santai selama 5 menit setelah bangun dan sebelum tidur sangat efektif mengurangi rasa sakit akibat nyeri sendi.

Konsultasi dengan Ahli Ortopedi

Bila cara-cara alami tadi tak juga meredakan rasa sakit akibat nyeri sendi, maka bisa segera berkonsultasi kepada ahli ortopedi atau ahli terapi fisik. Hal itu dilakukan agar nyeri pada sendi tak semakin buruk dan berkembang menjadi artritis. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat