Begini Cara Atasi Kulit Kering hingga Mengelupas Akibat Terlalu Sering Cuci Tangan

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Upaya pencegahan penularan virus corona (Covid-19) yang sering dianjurkan oleh para ahli adalah mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Cara tersebut dianggap cara paling efektif daripada cara lain. Namun bagi sebagian orang, terlalu sering mencuci tangan terkadang membuat kulit menjadi kering bahkan mengelupas.

Seseorang yang mencuci tangan terlalu sering dapat menyebabkan terkelupasnya protein di lapisan terluar kulit (lapisan epidermis). Sehingga dapat memicu berkurangnya kemampuan kulit melindungi lapisannya (compromised skin).

Dampak yang timbul tersebut seolah membuat tak nyaman. Untuk itulah, ada beberapa tips menangani dan mencegah kulit tangan yang kering dan mengelupas.

Pilih Sabun yang Bisa Melembapkan Kulit

Memilih produk sabun yang tepat tentunya pilihan yang utama mengatasi kekeringan pada kulit, sebab ada banyak produk sabun yang bisa memicu kulit tangan mengelupas. Dengan begitu, pilihlah produk sabun yang mengandung zat pelembap, seperti gliserin atau gliserol.

Sebaiknya, pilih produk sabun yang berbentuk cair. Sebab, sabun batangan biasanya memiliki keasaman yang tinggi sehingga kadang memicu kekeringan pada kulit, karena seringnya kita mencuci tangan.

Jangan Buru-Buru dalam Membersihkan Tangan

Ketika mencuci tangan, cobalah untuk membersihkan dengan lembut, pelan-pelan, hati-hati, dan tidak agresif. Terlalu agresif dalam mencuci tangan bisa memicu kerusakan pada kulit, termasuk kulit mengelupas.

Keringkan Tangan dengan Menyeluruh

Setelah mencuci tangan, sebaiknya mengeringkan tangan secara meyeluruh. Seperti dilansir dari kompas.com, tangan yang kering bisa menurunkan risiko perpindahan kuman. Penularan kuman lebih mudah terjadi pada tangan yang basah.

Selain itu, mengeringkan tangan juga menurunkan risiko kekeringan pada kulit tangan. Tangan yang masih berair bisa memicu kekeringan, karena air dapat mengurangi minyak alami kulit saat menguap. Sehingga dapat mengganggu barrier kulit dan menimbulkan efek kulit menjadi kering.

Aplikasikan Krim Pelembap

Mencegah kulit tangan kering dan terkelupas sebaiknya juga mengoleskan salep atau krim pelembap di area tangan. Hal itu tentunya dapat member manfaat antara lain, mengembalikan fungsi lapisan barrier epidermis, meningkatkan kadar air pada lapisan epidermis, menenangkan kulit, memperbaiki penampilan dan tekstur kulit, serta kulit kering bisa dicegah dan diatasi dengan krim pelembap.

Hand Sanitizer Boleh Sesekali Diaplikasikan

Membersihkan tangan dengan sabun dan air selalu menjadi prioritas. Hand sanitizer bisa digunakan pada kondisi darurat apabila air dan sabun memang tidak tersedia. Hand sanitizer juga bisa diaplikasikan sesekali apabila seseorang mulai merasa tangan terlihat pecah-pecah karena sering disiram air.

Balut dengan Sarung Tangan

Sarung tangan berguna untuk melembapkan kulit, bisa dikenakan selama 1-2 jam agar permukaan bisa lembap dengan maksimal, setelah menggunakan krim pelembap.

Cara atasi kulit kering dan mengelupas di atas bisa diterapkan untuk menurunkan risiko kulit tangan mengelupas tersebut. Selain mencuci tangan, setiap orang juga dianjurkan untuk menerapkan langkah pencegahan virus corona yakni dengan tetap berdiam diri di rumah dan menjaga jarak fisik. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat