Begini Cara Aman Mencuci Tangan Cegah COVID-19 Bagi Penderita Eksim

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Mencuci tangan dengan sabun menjadi salah satu bentuk pencegahan penyebaran COVID-19 saat ini. Namun, sebagian orang mengaku mengalami masalah yang terjadi pada kulit seperti bengkak, kemerahan, hingga rasa terbakar dan gatal-gatal. Karenanya, penderita eksim perlu mengetahui beberapa cara aman saat mencuci tangan.

dr. Mark Tang, Direktur Medis dan Konsultan Dermatologis di The Skin Specialist and Laser Clinic mengungkapkan jika pandemi COVID-19 telah mengubah cara tiap orang dalam merawat kulit, “Sering mencuci tangan, dan menggunakan pembersih antiseptik, serta pembersih tangan sangatlah penting selama masa pandemi COVID-19,” ujarnya.

Akan tetapi, dr. Tang pun memamaparkan jika sering mencuci tangan, menggunakan pembersih antiseptik serta pembersih tangan ternyata dapat merusak pelindung kulit yang cenderung rapuh pada penderita eksim atau biasa disebut dermatitis atopik.

Bagi penderita eksim, sering mencuci tangan dapat menyebabkan iritasi dan peradangan kulit yang lebih parah. Dengan demikian, penderita eksim akan sering menggunakan kortikosteroid topikal atau obat oles yang digunakan untuk meredakan peradangan bila terjadi eksim.

Namun, penggunaan kortikosteroid topical juga tak baik jika digunakan terlalu sering. Pasalnya, penggunaannya dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh yang membuat tubuh kurang efektif dalam mencegah virus, termasuk  COVID-19.

Oleh sebab itu, dr. Tang menyarankan tiga hal yang dapat dilakukan bagi penderita eksim, untuk menjaga tangan tetap bersih dan terhindar dari virus maupun bakteri:

1. Pada saat di rumah, gunakan pembersih yang lembut tanpa sabun, dan minimalkan mencuci tangan yang tidak perlu.

2. Setelah dicuci, keringkan tangan dengan lembut. Berhati-hatilah di sela-sela jari, di mana kulit lebih rentan kering dan pecah-pecah.

3. Gunakan pelembab tangan, gunakan secara teratur dengan memperhatikan jari, bantalan kuku dan lipatan kuku.

Selain itu, dr. Eileen Tan, dokter kulit Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena, dilansir dari Liputan6, menyarankan untuk mencuci tangan jika ingin mendisinfeksi tangan di depan umum, “Menurut saya, mencuci tangan secara umum lebih baik daripada menggunakan pembersih tangan atau hand sanitizer, karena pelembap kulit bisa langsung digunakan setelah mencuci tangan,” jelasnya.

Ia juga menyarankan untuk membawa sabun cair sendiri agar mencuci tangan di tempat umum tetap bersih dan tidak berisiko bagi kulit. Serta tak lupa membawa pelembap tangan dan menggunakannya untuk mengimbangi efek pengeringan dari mencuci tangan.

“Pelembap memiliki kandungan yang baik untuk menjaga kulit, seperti asam lemak bebas, ceramides, dan arginine yang sangat penting untuk membantu memulihkan pelindung kulit yang rusak pada kulit yang rawan eksim,” tutupnya. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat