Begini Beberapa Cara Agar Bibir Tak Kering dan Pecah-pecah Saat Berpuasa

Rsalirsyadsurabaya.co.idBibir kering dan pecah-pecah kerap menjadi masalah yang mengintai ketika menjalani ibadah puasa. Salah satu penyebabnya adalah karena kurang minum air putih saat buka atau sahur sehingga bibir rentan kering. Ada beberapa cara efektif untuk melembabkan bibir agar tak kering dan pecah-pecah.

Kondisi bibir kering pada saat puasa ini memang biasa terjadi. Bibir tidak seperti area kulit lainnya, bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembapannya, sehingga perlu dilakukan perawatan yang tepat agar bibir tidak mudah kering, bahkan menjadi pecah-pecah dan tak jarang hingga terluka.

Perlu diketahui bahwa kulit bibir 15 kali lebih tipis dari kulit lain di tubuh. Hal ini membuatnya butuh perawatan dan perlindungan ekstra, terutama selama bulan suci Ramadan, saat tingkat hidrasi berada pada titik terendah.

Mengingat rasa tak nyaman akibat luka di bibir ini, maka penting untuk mencegahnya.

Minum Banyak Air

Cara terbaik untuk memerangi bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan meningkatkan asupan air selama berbuka puasa dan sahur. Secara umum, minum dua liter air per hari akan membuat seseorang tetap terhidrasi. Selain minum banyak air putih, konsumsi sup sayur dan banyak buah juga berperan penting untuk meningkatkan hidrasi.

Membersihkan Bibir

Pengelupasan bibir dengan menggunakan scrub dapat membantu menghilangkan sel kulit mati serta membuat bibir lebih lembut dan terhidrasi, tanpa menghilangkan kelembaban alaminya

Scrub bibir bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan dapur seperti madu, minyak kelapa, dan gula dengan jumlah yang sama. Campur seluruh bahan, dan oleskan campuran itu ke bibir secara perlahan. Setelah melakukan scrubing pada bibir, jangan lupa kenakan pelembap bibir.

Alternatif lain yang bisa digunakan, seperti melansir Liputan6.com, adalah dengan menggunakan sikat gigi. Basahi bibir menggunakan air hangat dan gosok dengan sikat gigi yang lembut. Lakukan secara perlahan.

Pakai Pelembap Bibir

Pilihlah pelembap bibir yang mengandung minyak alami, serta SPF sehingga dapat membantu melembapkan bibir. Kandungan SPF ini ternyata dapat menurunkan munculnya bibir kering.

Selain itu dapat gunakan masker bibir yang mengandung bahan yang melembabkan seperti asam hialuronat, shea butter, dan vitamin E. Untuk menggunakannya, letakkan lembar berbentuk bibir di mulut selama 10 menit. Kemudian, lepaskan lembaran masker dan biarkan sisa serum meresap ke dalam kulit bibir untuk hasil kulit bibir yang lebih halus.

Hindari Membasahi Bibir dengan Air Liur

Orang cenderung menjilat bibir untuk meredakannya dari kekeringan, tetapi hal itu justru bisa membuat bibir kering lebih cepat. Usai membasahi bibir, biasanya kondisinya akan terlihat basah dan segar, namun setelah beberapa menit, bibir bakal menjadi lebih kering dibanding biasanya.

Air liur tidak hanya mengandung asam yang dapat mengiritasi bibir, tetapi bila menjilati bibir secara terus-menerus akan menghilangkan minyak alami yang ada pada kulit. Sebaiknya, gunakan pelembab bibir yang dapat melembabkan, menyehatkan, dan menenangkan bibir kering.

Konsumsi Madu

Madu merupakan cara alami untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Tidak hanya dengan dikonsumsi, namun juga bisa mengoleskan madu ke bibir. Penggunaan ini bisa dilakukan saat sebelum tidur dan kemudian menghilangkannya saat waktu sahur. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat