Bahas Orthopedi, RS Al-Irsyad Undang Pakar dari Luar Negeri

Rs-alirsyadsurabaya.co.id– Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dokter di rumah sakit. RS Al Irsyad menggelar Scientific Weekend yang tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa PPDS, namun juga menghadirkan berkomentar, tidak hanya dari luar negeri tapi juga luar negeri, Ahad (24/2).

Dalam kegiatan yang digelar di RS Al Irsyad Surabaya itu, dua dokter kenamaan dari RSI Al-Irsyad Surabaya turut menjadi pemateri. Dua dokter itu adalah dr. Dyah Intania Sari, Sp.KFR dan Dr. dr. Dwikora Novembri Utomo, Sp.B.OT (K), yang masing-masing adalah pakar dalam kedokteran fisik dan rehabilitasi serta bedah tulang.

Materi yang dibawakan pembicara pun mengundang antusias dari para peserta yang berasal dari PPDS Universitas Airlangga.

Selain pemateri dari RS Al-Irsyad Surabaya, turut berpartisipasi juga para pakar dari Australia dan Italia. Dari Australia adalah Mr. Joe Crooks dan Mr. Stephen Wrigley, dan dari Italia adalah Mr. Stefano Barbieri dan Mr. Massimo Tommasino.

Di sesi materi para pemateri dari luar negeri tersebut, banyak ilmu baru yang didapat para peserta. Para pemateri dari Australia membawakan materi tentang perkembangan bidai panggul dan lutut di era modern dengan peralatan yang serba modern pula.

Kemudian, berlanjut pada materi yang dibawakan oleh pemateri dari Italia. Pada sesi materi mereka, mereka menjelaskan soal penggunaan medial pivot untuk TKR. Sontak, materi-materi yang dibawakan oleh para pemateri luar negeri tersebut, mengundang banyak antusias dari peserta saat dibuka sesi tanya jawab.

“Falsafah ilmu itu jika digunakan dengan baik dan benar, apalagi pakai hati, Insya Allah bermanfaat,” tambah dokter Bakarman. Oleh sebab itu, menurutnya, dokter yang berkompeten harus bisa memotivasi pasien dan berkomunikasi secara baik dengan pasien, tidak hanya memiliki ilmu yang mumpuni.

Tingkatkan Kompetensi Para Dokter

Pada kesempatan itu, dr. Akhmad Bakarman, MARS, Direktur RS Al-Irsyad Surabaya mengungkap, kerjasama mengadakan seminar medis ini untuk meningkatkan kompetisi para dokter spesialis orthopedic, tak hanya yang ada di lingkungan RS Irsyad tapi juga di RS lain.

Seminar ini sebagian besar dihadiri oleh para mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Airlangga, Surabaya. Sebanyak 50 hingga 60 mahasiswa turut hadir dalam seminar yang sarat ilmu spesialis orthopedi itu.

Acara tersebut dibuka oleh dr. Akhmad Bakarman, MARS, selaku Direktur RSI Al-Irsyad Surabaya. Ia menyambut baik adanya scientific weekend ini. “Menjadi seorang dokter, apalagi orthopedi, kalian adalah orang-orang terpilih. Ini amanah dari Tuhan, jangan bermain-main dengan amanahNya,” pesan dokter Bakarman.

Selain itu, ia pun mengatakan bahwa amanah yang diemban juga harus meningkatkan ilmu. Jika tidak demikian, maka sama halnya dengan menciderai amanah itu. Misalnya pada hari ini membahas soal Total Knee Replacement (TKR), metode TKR bisa berubah dari waktu ke waktu, karenanya penting untuk terus belajar. Dengan begitu, amanah yang diemban akan meningkatkan kompetensi yang dimiliki.

“Makanya, mulai hari ini, dan seterusnya, silakan tempat ini (RSI Al-Irsyad, Red), menjadikan tempat ini bermanfaat. Dengan membuat hal-hal untuk kebaikan manusia, karena rumah sakit ini didirikan ya untuk itu,” tegas pria yang menjadi Ketua Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (Mukisi) Surabaya itu.(ipw)

One thought on “Bahas Orthopedi, RS Al-Irsyad Undang Pakar dari Luar Negeri

  • April 30, 2019 at 5:34 am
    Permalink

    Artikel yang sangat bagus …
    Ulasan informasi yang disampaikan sangat bermanfaat …
    Terimakasih informasinya min …
    Ditunggu artikel selanjutnya …
    Salam kenal …

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat