Atasi Sembelit dengan Rutin Konsumsi Sejumlah Buah Ini

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Setiap orang pernah mengalami gangguan pada sistem pencernaan, seperti halnya sembelit yang harus segera diatasi. Untuk mengatasinya, terdapat beberapa buah yang ampuh untuk meredakan sembelit bila dikonsumsi secara rutin.

Sembelit atau dikenal juga dengan konstipasi adalah gangguan pencernaan saat seseorang mengalami pengerasan tinja berlebihan sehingga sulit buang air besar (BAB). Umumnya, orang akan mengalami gejala sembelit berupa BAB yang keras, terhambat atau tidak mampu mengeluarkan tinja, dan sakit saat mengeluarkan tinja.

Jenis dan tingkat keparahan gejala dapat bervariasi pada setiap orang, mulai dari ringan hingga kronis. Sembelit ini disebabkan oleh berbagai hal, yang paling umum adalah pergerakan makanan yang lambat saat melalui sistem pencernaan.

Biasanya juga dapat dipicu karena seseorang mengalami dehidrasi, pola makan yang buruk, konsumsi obat-obatan tertentu, penyakit yang mempengaruhi sistem saraf, atau gangguan kesehatan mental.

Beberapa buah pun direkomendasikan untuk dikonsumsi rutin agar dapat meringankan gejala sembelit karena mampu melancarkan sistem pencernaan dan melunakkan tinja, antara lain:

Pir

Pir adalah salah satu buah yang kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan. Kandungan fruktosa dan sorbitol dalam buah pir dapat membantu melancarkan pencernaan.

Fruktosa membantu menarik air osmosis, sehingga merangsang gerakan usus mempercepat pencernaan makanan. Sedangkan sorbitol berfungsi sebagai pencahar alami dengan membawa air ke usus.

Apel
selain pir, apel juga kaya akan serat. Kandungan serat pektin di dalam apel dapat membentuk asam lemak rantai pendek yang menarik air ke usus besar untuk melunakkan tinja sehingga dapat melancarkan pencernaan.

Dikutip dari CNN, sebuah studi menunjukkan pektin dapat mempercepat pergerakan feses, memperbaiki gejala sembelit, dan meningkatkan bakteri baik di usus pada orang yang mengalami konstipasi.

Pepaya

Buah pepaya yang memiliki kandungan vitamin C, A, dan serat yang tinggi ternyata sangat baik untuk mengatasi sembelit. Pepaya juga memiliki enzim papain yang dapat membantu mencerna makanan terutama protein. Studi mendapati konsumsi buah pepaya setiap hari dapat mengurangi sembelit dan kembung secara signifikan.

Semangka

Semangka tak memiliki banyak serat seperti buah-buah di atas, akan tetapi buah satu ini mengandung 92 persen air yang dapat mendorong BAB. Dilansir dari Web MD, semangka juga memiliki nutrisi berupa antioksidan, vitamin A, B, C, dan likopen.

Kurma

Studi menunjukkan orang yang mengonsumsi kurma setiap hari dapat memiliki BAB yang rutin dan lancer. Ini karena kurma merupakan sumber serat yang baik untuk pencernaan. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat