Asupan Ini Ampuh Hentikan Diare pada Anak

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Salah satu masalah pencernaan yang kerap dialami balita adalah diare. Jika diabaikan, dapat berakibat fatal.

Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar, mengutip dari Kompas, diare adalah penyebab kematian pada anak nomor 2 tertinggi di Indonesia. Setidaknya 1 dari 7 anak Indonesia pernah mengalami diare dengan frekuensi 2-6 kali setahun.

Yoghurt, air tajin dan kacang-kacangan dipercaya dapat menghentikan diare pada anak.

Yoghurt

Yoghurt, atau produk probiotik lain, juga dipercaya dapat menyembuhkan serangan diare pada anak. Dilansir dari Kompas, dalam sebuah studi yang dilakukan para peneliti Jerman pada tahun 2008 terlihat bahwa terapi probiotik sebaiknya dilakukan sedini mungkin pada bayi dan batita yang mengalami diare. Bila tak ditangani dengan tepat, diare pada anak memang bisa menyebabkan kematian.

Para peneliti Jerman secara spesifik mengevaluasi makanan probiotik E. coli Nissle 1917 atau EcN, yang terlisensi di Eropa untuk mengatasi penyakit yang berkenaan dengan usus, sejak ditemukan pada tahun 1917. 

Sebanyak 151 bayi dan batita yang mengikuti survei di Jerman tersebut sembuh lebih cepat berkat EcN sebagai bagian dari pengobatannya, dibandingkan yang hanya melakukan perawatan dengan obat-obatan. Secara rata-rata, anak yang tidak menerima probiotik baru akan sembuh tiga hingga empat hari lebih lama. Studi ini dipublikasikan pada Pediatric Infectious Disease Journal.

Air Tajin

Air tajin atau air yang dihasilkan saat memasak beras rupanya bermanfaat disantap bila diare atau menceret melanda. Studi di Jerman menyebutkan air beras plus wortel efektif menghentikan diare.

Dalam studi yang melibatkan anak-anak usia sekitar dua tahun ini, mereka yang konsumsi air tajin plus wortel frekuensi diare lebih sedikit dibanding yang minum air elektrolisis glukosa.

“Kami menyimpulkan solusi rehidrasi dengan air tajin dan wortel lebih aman dan efektif dibanding larutan elektrolisis glukosa konvensional pada bayi dan anak-anak dengan diare akut,” kata peneliti mengutip laman NCBI.

Di Tiongkok, mengonsumsi air tajin diyakini mampu membantu setop diare. Cara membuatnya, satu cup beras ditambah enam cup air lalu masak selama satu jam. Kemudian saring lalu diminum.

Kacang-kacangan dan Oat

Untuk kasus diare kronis, cara membantu membuat feses tak lagi cair yaitu dengan mengonsumsi suplemen serat. Bisa juga meningkatkan asupan serat seperti mengonsumsi kacang-kacangan dan oat.

Hal itu disampaikan oleh Toyia James-Stevenson, dokter spesialis yang mendalami saluran pencernaan, dilansir dari Women’s Health.

“Pastikan mengsumsinya sedikit demi sedikit. Kalau terlalu banyak malah membuat masalah di saluran pencernaan,” pesan  James-Stevenson.(Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat