Agar Anak Tidak Terserang Biang Keringat

Rs-alirsyadsurabaya.co.id– Meskipun biang keringat terkesan tak membahayakan, namun jika terserang tetap dapat mengganggu. Dan jika didiamkan saja, tanpa ada perawatan yang tepat dapat berujung pada risiko infeksi.

Biang keringat adalah penyakit kulit yang umum terjadi pada anak-anak. Hal ini bisa diatasi dengan mudah jika orangtua memperhatikan beberapa hal penting. Mari kita simak ulasan di bawah ini.

Biang keringat biasanya muncul pada daerah di wajah, leher, punggung atau daerah tubuh lainnya yang tertutup pakaian. Yang menjadi penyebabnya pun bermacam-macam. Bisa dari kebersihan kulit yang kurang terjaga hingga pemakaian baju yang kurang menyerap keringat.

Oleh sebab itu, tak jarang orang-orang dewasa juga bisa terkena penyakit ini. Gejala-gejala yang ditimbulkan pun mudah dilihat. Seperti bintik-bintik kemerahan di kulit disertai rasa gatal.

Sedangkan pada bayi ataupun anak-anak, penyebab biang keringat ini lebih kepada kelenjar-kelenjar keringat mereka. “Biang keringat memang sering terjadi pada anak-anak. Ini karena kelenjar keringat mereka belum matang betul, sehingga mudah tersumbat dan pecah,” kata dr. Eddy Karta, Sp.KK, dokter spesialis kulit dan kelamin EDMO Clinic Jakarta Selatan, dikutip dari detik.

Untuk itu, agar biang keringat tak semakin parah dan mengganggu, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan. Hal pertama yaitu, memilih baju yang menyerap keringat dan tidak terlalu ketat. “Perawatan untuk mencegah biang keringat ialah memilih baju yang menyerap keringat seperti katun, dan tidak terlalu ketat,” pesannya,

Lalu, ia juga mengatakan bahwa penggunaan bedak yang dapat menyerap keringat juga diperlukan. Bedak-bedak penyerap keringat ini biasanya mengandung talc. Kemudian usahakan kondisi sekitar dalam lingkungan yang sejuk.

Ini dilakukan untuk mengeringkan keringat dan tidak membuat biang keringat makin parah. “Bila perlu, mandi lebih sering dengan air dingin untuk mengeringkan keringat dan menyejukkan kulit,” tambah dokter Eddy.

Dikatakan lebih lanjut olehnya, biang keringat lebih membutuhkan pada perawatan yang tepat bukan pengobatan. Karena, jika perawatan dilakukan asal-asalan dan tidak berhati-hati, biang keringat pun akan mudah kambuh meski sudah diobati berulang kali.

Sementara itu, jika perawatan sudah dilakukan, jangan lupakan juga beberapa hal penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Meminum air putih yang cukup agar kesehatan dan kesejukan kulit tetap terjaga. Dan, tetap jagalah kebersihan kulit agar bakteri tidak berkumpul dan memperparah biang keringat. Dengan kondisi kulit yang lembab dan sehat, biang keringat pun dapat dikurangi risikonya agar tak kambuh di kemudian hari.

Untuk itu, jika dengan perawatan mudah di atas tidak membuat kulit semakin baik, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.(ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat