Tak Hanya Pakai Masker, Rajin Cuci Tangan Juga Bantu Cegah Infeksi Virus Corona

Rs-alirsyadsurabaya.co.id –  Selain imbauan memakai masker untuk antisipasi infeksi virus corona, para ahli medis juga menyarankan agar menjaga kebersihan tangan. Dengan tangan yang bersih, maka risiko infeksi virus corona dapat ini pun juga dapat dihindari.

Wabah virus corona masih berlangsung hingga detik ini. Berbagai peneliti dan ahli medis berjuang bahu membahu membuat vaksinnya. Sementara ini, infeksi virus corona hanya bisa dicegah dengan daya tahan tubuh. Selain dari higienitas makanan dan mengawal nutrisi makanan untuk mendukung daya tahan tubuh, penggunaan masker dan rajin mencuci tangan juga dianjurkan.

Daeng Mohammad Faqih, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan, untuk saat ini pencegahan virus corona dapat dicegah dengan menggalakkan pola hidup sehat. Yang paling efektif, menurutnya dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir.

Sabun yang digunakan pun juga bukan sabun sembarangan, harus ada kandungan antiseptik di dalamnya. Pendapat ini pun senada dengan rilis dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dalam rilis mereka mengungkapkan, bahwa cuci tangan yang baik dan benar dapat menangkal berbagai virus dan kuman.

“Jadi, memang cuci tangan ini sangat strategis. Makanya, pemerintah secara spesifik mendorong kebiasaan mencuci tangan. Malah, langkah-langkahnya diatur secara spesifik,” ujar dr. Daeng dalam CNN.

Daeng menambahkan, tangan adalah anggota tubuh yang menjangkau daerah manapun. Karenanya, kebersihan tangan ini perlu dijaga agar tubuh tetap terhindar dari risiko infeksi virus dan kuman. “Kalau dikatakan, mulut kita itu pintunya, maka tangan kita ini alatnya untuk masuk virus,” imbuhnya.

Sementara itu, senada dengan Daeng, Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio seperti melansir dari Republika juga menuturkan, mencuci tangan sebelum memegang mulut, hidung, dan mata merupakan cara utama mencegah penularan virus corona jenis 2019-nCoV.

Kemudian, dalam rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata Wishnutama, Menteri Sosial Juliari Batubara, Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, dan pejabat terkait lainnya, memaparkan bahwa virus corona tidak bisa hidup lama di luar sel.

“Virus corona tidak bisa hidup lama di luar sel yang kering, hanya bisa hidup di satu tempat selama satu hari. Jadi, tidak bisa masuk ke tubuh. Maka, yang penting cuci tangan,” jelas Amin.

“Memang kata-kata perilaku hidup bersih dan sehat ini kayaknya umum. Tapi, pada kondisi sekarang, maka edukasi dengan pola hidup bersih dan sehat itu jadi ujung tombak,” lanjut Daeng. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat