3 Makanan Sehat untuk Atasi Migrain

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Selain mengandalkan obat, mengontrol makanan yang dikonsumsi bisa mengurangi efek migrain serta intensitas sakit kepala yang dirasakan. Oleh karenanya penting untuk mengenal daftar makanan sehat pencegah migrain.

Migrain adalah sakit kepala yang timbul karena adanya perubahan aktivitas pada otak. Perubahan ini menyebabkan timbulnya rasa sakit di kepala dengan sensasi berdenyut yang teramat sangat menyakitkan. Beberapa penyebabnya adalah faktor makanan dan minuman, stress, dan faktor genetik. Namun salah satu cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan menggemarkan makan makanan berikut.

Ikan Salmon

Ikan yang mengandung lemak sehat sangat baik untuk jantung. Salmon dan beberapa jenis ikan berlemak lainnya bisa membantu mengendalikan migrain. Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 EPA dan DHA.

Beberapa penelitian tentang senyawa anti-inflamasi yang dilakukan di Universitas Cincinnati, seperti dikutip dari Reader’s Digest, menunjukkan bahwa ikan dalam bentuk suplemen dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain pada beberapa orang selama enam minggu.

Jahe

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Headache Care Center di Springfield, dikutip dari Detik mengungkap, ekstrak jahe efektif meredakan migrain hingga 63 persen. Pada sekitar 30 persen partisipan, migrain berkurang hanya dalam 2 jam setelah menghisap sari jahe.

Penelitian yang dipimpin Dr Roger Cady ini melibatkan 60 orang yang sering mengalami migrain. Partisipan dibagi menjadi 2 kelompok terdiri dari 45 orang yang diberi jahe saat terjadi serangan migrain dan 15 orang yang hanya diberi plasebo.

Meski tidak menjelaskan secara detail mekanisme kerjanya, hasil penelitian ini menegaskan bahwa jahe bisa menjadi alternatif untuk mengatasi migrain.

Beberapa ahli meyakini, kandungan senyawa tertentu di dalam bumbu masakan yang sangat populer ini bisa menghambat prostagraldin yang merupakan mediator nyeri. Jahe juga diyakini mampu mengatasi radang pada pembuluh darah di otak yang merupakan salah satu pemicu migrain.

Bayam

Salah seorang ahli gizi terkenal, Joy Bauer, yang juga penulis buku Food Cures, dikutip dari tribunnews menyebutkan ada beberapa jenis makanan yang dapat meringankan atau bahkan mengobati serangan migrain. Salah satu makanan yang ia sebut adalah bayam.

Hampir semua orang mengenal akrab sayuran berdaun hijau ini. Bayam sarat akan magnesium, salah satu nutrisi terbesar yang memiliki kemampuan mencegah migrain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat