Sikap Sabar, Hambat Penuaan Dini


Rs-alirsyadsurabaya.co.id– Tahukah Anda bahwa perintah untuk bersikap sabar dalam Islam ternyata berdampak baik bagi fisik. Menurut penelitian kesabaran dapat menghambat penuaan dini. Berikut penjelasannya.

Dilansir dari kompas.com disebutkan bahwa DNA orang-orang yang mudah emosi lebih cepat menua, dan pengaruhnya akan lebih tinggi khususnya untuk kaum perempuan.

Hal tersebut didasarkan atas penelitian yang telah dilakukan oleh Profesor Richard Ebstein dari National University of Singapore bersama timnya dengan melibatkan lebih dari 1000 siswa yang sehat melalui tes kesabaran.

Dalam menjalankan penelitian ini, para siswa tersebut diberikan pilihan untuk diberi uang 100 dollar esok hari atau uang dengan jumlah yang lebih banyak jika mereka mau menunggu selama 1 bulan.

Dari pilihan yang telah diberikan oleh tim peneliti tersebut, sebagian siwa memilih  tidak menunggu lama untuk mendapatkan uang tersebut, dan sebagian lagi mengatakan bahwa mereka rela menunggu lebih lama lagi untuk mendapatkan uang yang lebih besar lagi.

Setelah itu, para siswa tersebut diambil sampel darahnya untuk dilakukan penelitian mengenai seberapa cepat Telomere mempengaruhi penuaan DNA mereka. Telomere merupakan pusat perhatian para peneliti, yaitu sebuah bagian yang memiliki tugas melindungi DNA dari kerusakan dan terletak di ujung kromosom.

Penuaan dini dan kondisi kesehatan yang buruk dikaitkan dengan ukuran telomere yang pendek. Seiring bertambahnya usia seseorang, ukuran telomere akan bertambah pendek sehingga mengarah pada kerusakan DNA serta terjadi peningkatan terjangkit penyakit yang berkaitan dengan usia.

“Dengan meningkatnya persentase penuaan dini dari populasi dunia, menemukan faktor-faktor yang menyebabkan penuaan tersebut sangatlah penting,” kata Profesor Richard Ebstein dari National University of Singapore.

Dari penelitian ini, sebuah hal yang menarik yaitu ditemukannya hubungan yang sangat jelas antara sikap yang kurang sabar dengan telomere. Meskipun begitu, kecepatan penuaan yang diakibatkan oleh ketidaksabaran belum dapat dipastikan.

Islam sendiri, sudah menyebutkan bahwa sikap sabar adalah sikap yang sangat mulia. Dalam penelitian tersebut pula telah dibuktikan bahwa sikap sabar memiliki dampak positif yang baik untuk kesehatan.

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda “Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin. Semua perkara (yang menimpanya) adalah kebaikan baginya dan tidaklah hal ini terjadi kecuali hanya pada diri seorang mukmin. Jika dia mendapat kebahagiaan dia bersyukur maka hal ini adalah baik baginya. Dan jika tertimpa musibah dia bersabar maka itu juga baik baginya.” (HR. Muslim). (nda)

2 thoughts on “Sikap Sabar, Hambat Penuaan Dini

  • January 22, 2019 at 1:23 pm
    Permalink

    Terima kasih..Artikel kesehatannya sangat informatif

    Reply
    • January 23, 2019 at 12:54 am
      Permalink

      Terima kasih atas apresiasinya. Mohon juga menshare jika diperlukan ^_^

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat